Panel solar cell
Uncategorized

Bagaimana Cara Kerja Solar Cell?

Solar cell merupakan “sandwich” atau tumpukan dari 2 silikon yang diperlakukan berbeda sehingga menghasilkan silikon positif dan juga silikon negatif. Tumpukan silikon ini dapat membantu menghasilkan listrik. Listrik solar cell sering digunakan di Indonesia melalui PJU solar cell. Lalu bagaimana listrik bisa dihasilkan dari solar cell? Berikut ini adalah ulasannya.

Alur kerja sel surya

Lalu bagaimana 2 buah silikon yang ditumpuk dapat menghasilkan sebuah aliran listrik? Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah ulasannya.

  • Pertama cahaya matahari akan ditembakkan oleh matahari dan ditangkap oleh sel surya.
  • Partikel cahaya yang ditembakkan oleh matahari ini kemudian disebut dengan photon. Photon yang ditembakkan oleh cahaya matahari ini menempel pada sel surya dan membawa energinya ke dalam sel surya.
  • Setelah itu photon akan menyerahkan elektron yang dimilikinya pada layer silikon bawah yaitu layer silikon positif.
  • Elektron yang ditangkap oleh layer positif kemudian menggunakan energinya untuk melompat ke silikon di atas yaitu silikon negatif.
  • Lompatan ini digunakan oleh elektron untuk keluar dari barier sandwich silikon.
  • Lompatan yang terjadi terus menerus ini akan menghasilkan aliran elektron yang dapat digunakan untuk menghidupkan lampu

Peran dari silikon dalam solar cell ini sangat penting. Akan tetapi silikon yang digunakan bukan sembarang silikon. Silikon yang digunakan merupakan silikon yang sudah diberikan perlakuan sehingga dapat berubah menjadi silikon negatif dan juga silikon positif untuk melakukan tugasnya ini.

Mengenai silikon negatif dan positif dalam sel surya

Solar cell dibangun dari silikon negatif dan silikon positif. Silikon positif memiliki warna merah sedangkan silikon negatif memiliki warna biru. Hal inilah yang menyebabkan warna dari panel surya memiliki warna biru kehitaman. Kedua tumpukan silikon ini memiliki sifat seperti positif dan negatif pada baterai. Dimana bagian negatif akan dihubungkan dengan bagian penerimaan pada lampu sedangkan bagian positif akan dikenakan pada bagian bawah dari lampu seperti pada baterai umumnya. Untuk mengetahui cara kerja lebih baik anda akan membutuhkan gambar ilustrasi mengenai cara kerja dari sel surya ini. Anda bisa mencari ilustrasi atau penjelasan cara kerja solar cell ini dengan mudah di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *