distributor solar cell
Tenaga Surya

Apa Itu Solar Cell?

Solar Cell atau sel photovoltaic merupakan sebuah benda yang dapat mengonversi secara langsung energi cahaya menjadi energi listrik melalui efek photovoltaic. Mengenai pembuatan dan manfaatnya akan dibahas di bawah.

Pembuatan Sel Surya

Mayoritas sel surya dibuat dari silikon dengan meningkatkan efisiensi dan biaya yang rendah karena variasi bahan-bahannya, mulai dari non kristal (amorphous) ke poli-kristal hingga kristal (single kristal) bentuk silikon. Tidak seperti baterai atau sel bahan bakar, sel surya tidak memanfaatkan reaksi kimia atau membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan daya listrik. Juga tidak seperti generator listrik, sel surya tidak memiliki bagian yang bergerak.

distributor solar cell atau sel surya dapat diatur menjadi kelompok besar, dinamakan arrays. Arrays ini dibuat dari ribuan sel individu yang mana berfungsi sebagai pusat pembangkit listrik, mengubah sinar matahari menjadi energi listrik untuk distribusi industri, komersial, dan perumahan. Sel surya dalam konfigurasi paling kecil disebut sebagai sel panel surya atau hanya disebut panel surya. Panel surya ini telah terpasang di atap-atap rumah untuk mengganti atau menambah pasokan listrik konvensional para pemilik rumah.

Manfaat Panel Surya

Panel surya bermanfaat untuk menyediakan tenaga listrik di berbagai lokasi terrestrial terpencil dimana sumber tenaga listrik konvensional tidak tersedia atau mahal untuk dipasang. Sel surya menyediakan daya untuk sebagian besar instalasi ruang dari satelit komunikasi dan cuaca hingga stasiun ruang angkasa. Hal itu disebabkan karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak dimana memerlukan perawatan atau bahan bakar yang membutuhkan pengisian ulang.

Sel surya juga digunakan dalam produk-produk seperti mainan elektronik, kalkulator genggam, dan radio portable. Sel surya yang digunakan dalam perangkat jenis ini dapat memanfaatkan cahaya buatan, contohnya lampu pijar dan lampu neon. Tanpa disadari, manfaat sel surya ternyata sangat besar bukan?

Struktur Solar Cell

Sel surya, entah itu digunakan di pusat pembangkit listrik, satelit, atau kalkulator, mempunyai struktur dasar yang sama. Cahaya memasuki perangkat melalui lapisan optik atau lapisan anti refleksi. Lapisan ini bisa meminimalkan hilangnya cahaya oleh refleksi, sehingga secara efektif mampu menjebak cahaya yang jatuh pada sel surya dengan mempromosikan transmisinya ke lapisan konversi energi.

Lapisan anti refleksi biasanya merupakan oksida silikon, tantalum, atau titanium yang terbentuk pada permukaan sel dengan pelapisan spin, atau teknik pengendapan vakum. Tiga lapisan konversi energi di bawah lapisan anti refleksi adalah lapisan persimpangan atas, lapisan penyerap, yang merupakan inti perangkat dan lapisan persimpangan belakang. Dua lapisan kontak listrik tambahan diperlukan untuk membawa arus listrik ke beban eksternal dan kembali ke dalam sel sehingga melengkapi rangkaian listrik. Solar Cell mampu menghasilkan energi listrik sebanyak satuan megawatt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *