Multi channel ecommerce solution untuk bisnis
Jasa

Keuntungan dari Multi Channel Ecommerce Solution untuk Bisnis Anda

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebiasaan berbelanja pelanggan, para penjual dan pemilik bisnis telah bergerak menuju ke arah multichannel dengan perlahan namun pasti, terlepas dari ukuran bisnis mereka. Dengan strategi ini, mereka pun mampu mencapai angka penjualan lebih tinggi lewat aplikasi mobile, situs komersil, marketplace, dan sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki bisnis ecommerce dan tertarik untuk menerapkan strategi ini, ada berbagai rekanan multi channel ecommerce solution yang mampu menjadi solusi untuk kemajuan usaha Anda. Lantas, mengapa Anda harus mempertimbangkan solusi ini, kalau sekarang pun Anda sudah bisa meraup banyak untung?

Berikut ini adalah berbagai keuntungan dari multi channel ecommerce solution yang bisa Anda dan bisnis Anda nikmati!

Peluang untuk Meningkatkan Penjualan Terus-Menerus

Multichannel ecommerce memberikan Anda kesempatan untuk berkembang jadi lebih dari sekadar toko fisik dan sebuah situs ecommerce. Dengan strategi ini, Anda bisa hadir ke dalam berbagai marketplace channel online maupun offline, termasuk penjualan offline, beragam platform ecommerce, dan berbagai situs marketplace seperti eBay dan Amazon.

Berbagai peluang tersebut pun mampu membantu Anda sebagai penjual untuk bertemu dengan para konsumen lebih sering, terlepas dari platform atau media yang mereka gunakan. Di samping itu, multichannel ecommerce pun mampu membantu penjual mengembangkan dan mengelola hubungan di setiap channel yang konsumen kunjungi.

Menciptakan Pengalaman yang Menyatu

Dengan mengkombinasikan channel online dan offline, para penjual dapat menyediakan pengalaman yang konsisten bagi para konsumen di berbagai platform. Hal ini pun membantu para penjual untuk merespon kebutuhan konsumen dengan lebih efisien dan meningkatkan engagement dengan mereka.

Meningkatkan Basis Konsumen Bisnis

Bukan hal yang mengagetkan jika ada beberapa pelanggan yang lebih memilih untuk berbelanja online, sementara ada beberapa pelanggan yang lebih suka untuk mengunjungi toko secara langsung. Di samping itu, ada juga beberapa pelanggan lainnya yang menggabungkan kedua hal tersebut – mendapatkan informasi dan membandingkan harga secara online, kemudian membeli di toko, atau menjajal produk di toko sebelum memutuskan membeli secara online.

Ketika penjual menempatkan produk mereka secara strategis baik ke dalam channel online maupun offline, maka siapapun konsumen mereka akan bisa menemukan produk tersebut. Dengan begitu, jangkauan, paparan (exposure), dan penjualan pun ikut meningkat.

Fokus pada Pangsa Pasar Tertentu

Berdasarkan channel yang konsumen pilih untuk berbelanja, penjual pun mampu menciptakan tawaran yang terkustomisasi dan tertarget. Contohnya adalah penawaran kupon dan inbound link.

Membagi Risiko

Dengan strategi multichannel, multi channel ecommerce solution dapat membantu penjual terlindungi dari risiko ketergantungan pada hanya satu metode penjualan. Jadi, kalau misalnya nanti ada hal-hal tak diinginkan yang menyebabkan akun online penjual tak lagi bisa diakses, atau jika penjualan di toko langsung mengalami penurunan besar-besaran, maka penjual masih bisa bisa melakukan penjualan lewat channel lainnya. Ibaratkan jika Anda membeli satu lusin telur, maka sebaiknya jangan simpan semua telur itu dalam satu wadah. Dengan begitu, jika wadah tersebut jatuh, masih ada telur lainnya yang terselamatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *